Tentang mesin MotoGP

Siapa yang tak kenal MotoGP, kejuaraan kelas puncak balap motor yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta. Jika anda penasaran dengan spesifikasi motor-motor super kenceng yang digeber oleh rider2 idola anda, tak ada salahnya saya berbagi informasi berikut😀

DUCATI GP9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tipe Mesin : 4-Tak V4 Berpendingin Air

Katup : 4 Katup persilinder DOHC, Desmodromic

Kapasitas Mesin : 799cc

Tenaga Max : 230dk

Transmisi : 6 Percepatan

Sistem Kopling : Kering, Multiplat

Penggerak Akhir : Rantai

Sasis : Serat Karbon

Suspensi Depan : Ohlins, upside-down 42mm front forks

Suspensi Belakang : Ohlins, Adjustable

Rem Depan : Brembo, Cakram karbon ganda 320mm dan kapiler 4 piston

Rem Belakang : Brembo, cakram Baja tunggal 220mm dan kapiler 2 piston

Ban : Bridgestone 16.5 inci Depan-Belakang

Sistem Pengapian : Magneti Mirelli

Sistem Injeksi : Magneti Mirelli

Sistem Gas Buang : Termignoni

Bahan Bakar : Shell Racing V-Power

Pelumas : Shell Advanced Ultra 4

Berat Kosong : 148kg

YAMAHA YZR-M1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tipe Mesin : Berpendingin Air dengan 16 katup DOHC berkatup Pneumatic

Konfigurasi : 4 Silinder segaris crossplane

Kapasitas Mesin : 799cc

Pengapian : Magneti Mirelli, Busi NGK

Pelumas Mesin : Yamalube

Tenaga Max : 220dk

Top Speed : Lebih dari 330km/jam

Girboks : 6 Speed cassette type

Kopling : Dry Multi-Plate Slipper clutch

Sasis : Aluminium Twintube Delta Box, Whellbase, ride ridht, Swingarm aluminium

Suspensi Depan : Ohlins Upside Down

Suspensi Belakang : Ohlins Rear Shock

Pelek : Marchesini

Ban : Bridgestone 16,5inci Depan-Belakang

Rem Depan : Cakram ganda 320mm dari karbon, 4 piston Brembo

Rem Belakang : Cakram Tunggal 220mm dari stainless steel

Berat Kosong : 148kg

Kapasitas tangki : 21 Liter

KAWASAKI ZX-RR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Konfigurasi : Inline, 4 silinder , 4 stroke

Kapasitas Mesin : 798cc

Sistem Induksi : DOHC , Pneumatic , 4 Valve persilinder

Pelumas : Elf

Sistem Bahan Bakar : Electronic Fuel injection

Sistem Exhaust : Titanium, 4-2-1

Maximum Power : 200 Bhp

Maximum Speed : lebih dari 300km/jam

Sasis:

Frame : Aluminium Twin-Spar

Suspensi Depan : Inverted Telescopic Forks

Suspensi Belakang : Uni-Trak MonoShock

Steering Damper : Hydrolic adjustable

Bodywork : karbon fibre

Ban : Bridgestone 16,5 inci Depan-Belakang

Dimensi :

Wheelbase : 1460mm

Panjang : 2080mm

Rake : Variable

Bobot : 148kg

Kapasitas Tangki : 21 Liter

 

SUZUKI GSV-R

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tipe Mesin : Berpendingin Air dengan 16 katup DOHC berkatup Pneumatic

Konfigurasi : 4 Silinder segaris crossplane

Kapasitas Mesin : 799cc

Pengapian : Magneti Mirelli, Busi NGK

Pelumas Mesin : Yamalube

Tenaga Max : 220dk

Top Speed : Lebih dari 330km/jam

Girboks : 6 Speed cassette type

Kopling : Dry Multi-Plate Slipper clutch

Sasis : Aluminium Twintube Delta Box, Whellbase, ride ridht, Swingarm aluminium

Suspensi Depan : Ohlins Upside Down

Suspensi Belakang : Ohlins Rear Shock

Pelek : Marchesini

Ban : Bridgestone 16,5inci Depan-Belakang

Rem Depan : Cakram ganda 320mm dari karbon, 4 piston Brembo

Rem Belakang : Cakram Tunggal 220mm dari stainless steel

Berat Kosong : 148kg

Kapasitas tangki : 21liter

 

 

HONDA RC212V

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tipe Mesin : 4 Stroke, Pneumatic 4 Katup Persilinder, pendingin air

Konfigurasi : V4

Kapasitas Mesin : 799cc

Tenaga Max : 220dk

Tipe Rangka : Twin-Tube Frame

Ban : Bridgestone 16,5 inci Depan-Belakang

Suspensi Depan : teleskopik

Suspensi Belakang : Monosok New Unit Pro-link

Kapasitas tanki : 21liter

Berat Kosong : 148kg

Dimensi :

Panjang Total : 2050mm

Lebar Total : 645mm

Tinggi Total : 1,125mm

Sumbu Roda : 1,440mm

Jarak Ketanah : 125mm

Presiden Federasi Balap Motor Internasional (FIM) Vito Ippolito sepakat dengan gagasan peningkatan kapasitas mesin MotoGP menjadi 1.000 cc. Dan tidak menimbulkan konflik dengan World Superbike Championship. mesin 1.000 cc itu mulai digunakan tahun 2012. Versi modifikasi dari motor ini tampaknya boleh diadopsi asalkan produksi mesin memenuhi syarat. Namun, hal itu tidak wajib. Formula 800 cc tidak berjalan dengan baik karena tenaganya kurang lebih sama seperti 990 cc, malah kecepatan saat menikung lebih tinggi. Selain itu, biayanya juga bertambah untuk riset dan pengembangan mesin 800cc bertenaga maksimal. Dipastikan mulai musim 2012 dengan mesin baru 1000cc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s